Senin, 02 April 2018

Multimedia, Harfiah, Perkembangan.


Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.
Gambar 1 Multimedia Dalam Game Online

Gambar 2 Multimedia Dalam Video Call


Gambar 3 Multimedia Dalam Pembuatan Situs

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara) dan juga berupa (berwujud). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsumsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik, dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.

A.        Pengertian Multimedia Menurut Bahasa, Istilah, Dan Menurut Para Ahli
Secara bahasa, multimedia terdiri dari dua suku kata, yaitu multi dan media. Multi berati banyak atau bermacam-macam, sedangkan media berarti alat atau sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan informasi (pesan). Jadi, menurut bahasa multimedia dapat diartikan alat – alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi.
Pengertian multimedia menurut istilah adalah penggunaan sarana (media) yang menyajikan kombinasi (gabungan) berbagai elemen informasi, seperti animasi, video, teks, suara, graphics, maupun gambar yang bersifat interaktif yang bertujuan menyampaikan informasi, atau sekedar memberikan hiburan kepada si peneriman.
Sedangkan menurut pendapat beberapa ahli, pengertian multimedia cenderung beragam, namun tentunya memiliki substansi yang sama. Berikut adalah beberapa pengertian multimedia menurut beberapa ahli:
Mc. Comick, 1996
Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan text.

Rosch, 1996
Kombinasi dari komputer dan video.
Hofstekter, 2001
Multimedia dalam konteks komputer adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakaian berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.

Robin dan Linda, 2001
Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks-grafik, animasi, audio dan video.

Turban, dkk., 2002
Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar.

Pada awal kemunculannya (1990), umumnya multimedia digunakan dalam bidang hiburan. Setelah itu barulah multimedia juga diadopsi kedalam dunia game. Hingga saat ini, karena perkembangan teknologi informasi multimedia juga diaplikasikan kedalam dunia pendidikan dan bisnis. Dalam dunia pendidikan, multimedia dimanfaatkan untuk menjadi media pengajaran, atau e-learning. Sedangkan dalam dunia bisnis, multimedia dimanfaatkan untuk menyampaikan profil perusahaan, profil produk, sistem informasi dan lain sebagainya.

Jenis – Jenis Multimedia
Multimedia dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu multimedia content production dan multimedia communication sebagai berikut.
Multimedia Content Production merupakan hasil (produk) dari proses penggabungan beberapa media (audio, teks, animasi, graphics, interactivity, serta video) untuk menyampaikan sebuah informasia. Yang mana hasil dari proses itu disebut produk multimedia (musik, video, film, game, intertaintment, dll.). Di multimedia jenis ini, media yang digunakan berupa:
  • Media Audio
  • Media Teks
  • Media Animasi
  • Media Video
  • Media Graph / Image
  • Media Spesial Effect
  • Media Interactivity
Sedangkan Multimedia Communication merupakan proses penggunaan media (massa), seperti media cetak, radio, televisi, serta internet yang bertujuan untuk menyampaikan, menyiarkan, mempublikasikan dan mengkomunikasikan sebuah pesan atau informasi, seperti news (berita), material advertising (iklan), entertaintment (hiburan), publicity (publikasi), education (pembelajaran atau tutorial). Multimedia jenis ini media yang digunakan berupa:
  • Media Cetak
  • Radio
  • TV Film
  • Game
  • Musik
  • Entertainment
  • ICT (Internet)

B.        Konsep Dasar Multimedia
Menurut Holfstetter, multimedia adalah penggunaan komputer untuk menampilkan dan menggabungkan teks, grafik, audio dan video dengan menggunakan link dan alat – alat lainnya yang memungkinkan pemakai untuk mengatur dan berinteraksi, membuat dan melakukan komunikasi.
Definisi ini berisikan empat komponen yang penting untuk multimedia. Pertama, adanya komputer untuk melakukan koordinasi apa yang dilihat dan didengar, dan yang berinteraksi dengan penguna. Kedua harus ada hubungan yang menghubungkan informasi. Ketiga, harus ada perangkat navigasi yang memungkinkan pengguna melintasi informasi yang terkoneksi melalui web. Terakhir, harus ada cara bagi pengguna untuk mengunpulkan, memproses dan mengkomunikasikan informasi dengan ide – ide pengguna. Jika satu dari komponen ini tidak ada atau hilang, maka tidak dapat disebut sebagai multimedia.
C.        Multimedia Dalam Pendidikan
Peranan multimedia dalam bidang Pendidikan menjadi dominan, dikarenakan banyak hal yang dapat dibagi dengan kecanggihan multimedia dan terlebih hampir seluruh belahan dunia mengakses dan mengunakan multimedia dalam kesehariannya. Multimedia menjadi tonggak kuat dalam membagi semua hal, tidak terkecuali materi dan pembelajaran, lembaga pendidikan memanfaatkan multimedia untuk media belajar – mengajar. Sebagai contoh pada Universitas Gunadarma memanfaatkan perkembangan multimedia berbasis internet untuk mendukung kegiatan perkuliahan bernama Virtual Class Universitas Gunadarma atau disingkat V-Class UG. Melalui V-Class UG mahasiswa dan dosen dapat melakukan perkuliahan dimanapun dan dapat diakses kapanpun selama ada koneksi internet. Berikut tampilan dari V-Class UG saat diakses.
Gambar 4 Multimedia Dalam Bidang Pendidikan

D.        Multimedia Untuk Aplikasi Umum
Menurut Hofstetter, beberapa peranan multimedia di dunia untuk aplikasi umum
  • ·         Telecommuting
Telecommuting adalah bekerja dari rumah menggunakan komputer, modem dan mesin fax. Menurut Deloitte & Touche,
“Telecommuting digunakan untuk 45% pekerjaan baru antara 1987 sampai 1992 dan pada pertengahan 1998, 15.57 juta pekerja di Amerika melakukan telecommuting setidaknya satu hari per bulan”
  • ·         Home Shopping
Multimedia telah merubah cara berbelanja, seseorang tidak perlu berbelanja dari toko ke toko, mencari barang yang diperlukan kemudian mengantri untuk membayar, namun cukup dengan melakukan teleshopping  yaitu belanja dari rumah. Menurut survey CommerceNet / Nielsen tahun 1999 jumlah pembeli online mencapai 55 juta orang. Dari semua itu, 28 juta melakukan pembelian online, 9 juta membeli sesuatu secara online setidaknya sekali dalam sebulan, dan satu juta melakukan pembelian online setiap minggu.
  • ·         Media Massa
Studi Nielsen melaporkan bahwa pengguna internet menghabiskan lebih banyak waktuk untuk online dibandingkan penonton televisi. Persentase pengguna internet wanita juga telah meningkat drastis, dari 33% dari total pengguna di tahun 1996 menjadi 46% di tahun 1999.
E.        Internet Based

Internet Based adalah penggunaan multimedia berbasis internet yang mengacu pada penggunaan jaringan dengan unit server sebagai pusat dan client sebagai pengguna secara berkala. Sebagai contoh pada IBT-TOEFL atau yang juga dikenal dengan Next Generation (NG) TOEFL adalah bentuk TOEFL Test terbaru yang dikeluarkan ETS dan mulai diluncurkan sejak tahun 2005, tetapi di Indonesia, baru mulai diberlakukan sejak tahun 2006. iBT-TOEFL adalah format TOEFL Testing kini berlaku sebagai standar International TOEFL Test yang diakui di dunia. ETS banyak melakukan perubahan pada format dan sistem TOEFL Test terbaru ini.
Gambar 5 Internet Based untuk Tes TOEFL

Sama dengan CBT-TOEFL, iBT-TOEFL juga menggunakan media komputer untuk memunculkan soal test, hanya saja sistem test pada iBT menggunakan koneksi internet. Dengan demikian peserta test langsung terhubung on-line dengan ETS. Jawaban peserta langsung terkirim dan tersimpan ke database ETS di New Jersey.

Perangkat Media Pembuatan Aplikasi Multimedia
1.        Perangkat Keras
Mengacu pada semua peralatan fisik yang berhubungan dengan system perangkat ajar, termasuk diantaranya terminal, disk drive, printer dan peralatan multimedia lainnya

2.        Video Board (Papan Video)
Menurut kamus oxford
     “A large video display used as a scoreboard or billboard”
Dengan definisi tersebut video board merupakan layar video besar yang digunakan untuk menampilkan informasi skor dari pertandingan atau media pengiklanan dan informasi dengan tampilan video atau gambar bergerak. Pada kota – kota besar di negara maju keberadaan Video Board menjadi media terpadu di tempat umum untuk memberitahukan informasi terkini, pengiklanan suatu produk dan tren terkini.

3.        Sound Card (Kartu Suara)
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3 :
  • Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer. 
  • Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI. 
  • Sound Card External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.
 
 
Sound Blaster Live !
Salah satu contoh Sound Card yang terbilang sangat sukses di pasaran indonesia adalah Sound Blaster, dari Creative Labs.
Untuk memainkan musik MIDI, pada awalnya menggunakan teknologi FM Synthesis, namun sekarang sudah menggunakan Wavetable Synthesis Sedangkan untuk urusan digital audio, yang dulunya hanyalah 2 kanal (stereo), sekarang sudah menggunakan 4 atau lebih kanal suara (Surround). Kualitas nya pun sudah meningkat dari 8 bit, 16 bit, 24 bit, 32 bit, bahkan sampai sekarang sudah 64 bit.

Cara Kerja
Ketika anda mendengarkan suara dari sound card, data digital suara yang berupa waveform .wav atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing : Pengolah signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter : Konversi digital ke Analog). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker. Ketika anda merekam suara lewat microphone. suara anda yang berupa analog diolah oleh DSP, dalam mode ADC (Analog Digital Converter : Konversi analog ke digital). Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan. Sinyal digital ini simpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3.

4.        Pengertian Dan Fungsi CD ROM DRIVE
CD ROM DRIVE adalah sebuah perangkat keras di dalam komputer yang berfungsi untuk memutar dan membaca piringan CD. CD ROM singkatan dari COMPACT DISK READ ONLY MEMORY. Nah, kata READ ONLY MEMORY ini berarti bahwa alat ini hanya bisa digunakan untuk membaca saja, dan tidak bisa menulis. Jika Anda ingin memutar CD dirumah Anda, maka alat ini bisa digunakan.
KEKURANGAN CD ROM
CD ROM DRIVE hanya bisa digunakan untuk membaca CD saja. Sedangkan jika untuk membaca DVD, perangkat keras ini belum bisa digunakan. Jika diperuntukkan mengisi CD kosong dengan data atau file lainnya maka alat ini tidak bisa digunakan untuk hal itu. Jadi solusinya jika ingin menulis atau mem-burning data ke CD, maka Anda harus menggunakan CD RW (Read Anda Write) Drive yang bisa membaca dan menulis CD.

5.        Scanner
Scanner adalah sebuah alat pemindai salah satu perangkat input pada komputer, merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya seperti mesin fotokopy ke dalam bentuk digital.Scanner dapat menduplikat objek tersebut menggunakan sensor cahaya yang terdapat di dalamnya. Sensor yang terdapat pada scanner tersebut mendeteksi struktur, tulisan, dan gambar dari objek yang discan lalu dikirimkan ke komputer dalam bentuk digital.
Fungsi Scanner sudah jelas karena dengan adanya alat ini, kita dapat menduplikat hard-copy seperti kertas, makalah, maupun foto ke dalam bentuk digital ke komputer. Jadi saat kita kehilangan source berkas seperti foto atau makalah, kita dapat menyimpan foto tersebut ke komputer kita. Jadi ketika foto itu hilang, atau rusak, kita masih punya simpanan/salinannya di komputer dalam bentuk digital.
Cara kerja scanner dapat kamu baca dan pahami dibagian bawah ini:
·         Saat kita menempatkan objek kertas bergambar ataupun teks pada layar kaca scanner dan menekan sebuah tombol scan pada mesin scanner atau menu scan pada layar monitor kamu, maka scenner akan melakukan proses scanning.
·         Lalu cahaya yang terpancar pada saat scanning menunjukkan bahwa scanner tersebut sedang melakukan scan dan juga hasil yang didapatkan akan langsung dikirim pada sensor CCD (CCD yaitu suatu alat yang terdapat pada scanner yang mempunyai fungi untuk menerima hasil scanner lalu kemudian di kirim ke ADC).
·         Dari CCD tersebut lalu akan dikirim ke ADC (ADC yaitu suatu alat yang bertugas menerima data yang berasaldari CCD dan menubahnya ke dalam bentuk digital kemudian mengirimnya ke komputer). ADC akan memprosesnya lalu mengirimkan hasilnya pada komputer kamu.
·         Setelah masuk ke komputer kamu, hasilnya bisa di edit sesuai dengan kebutuhan. Dan kamu juga bisa menyimpannya dalam komputer ataupun dapat langsung mencetak hasil dari scanning tersebut menggunakan printer.
Dan berikut ini jenis-jenis dari scanner
Sampai saat ini scanner memiliki beberapa jenis dan berikut ini jenis dari scanner yang sering kita temukan, diantaranya seperti di bawah ini: 
  • Flatbed scanner yaitu merupakan scanner yang memiliki bentuk seukuran dengan kertas folio, sehingga scanner ini seperti mesin fotocopy tetapi dengan ukuran yang kecil 
  • PSC atau Print Scan Copy yaitu merupakan suatu perangkat yang memiliki multifungsi diantaranya dapat digunakan sebagai scanner, dapat juga digunakan sebagai printer serta bisa digunakan untuk mesin fotocopy.
 


  • Handy scanner yaitu merupakan scanner yang bentuknya postcard, yang biasa kita temui pada supermarket ataupun minimarket. Sebab dapat digunakan pada mesin kasir untuk membaca harga barang-barang yang terdapat pada barcode barang tersebut.
 
 
6.        Perangkat Lunak
Menurut Pressman, gambaran perangkat lunak di dalam suatu buku teks mungkin mengambil bentuk berikut:
1.    Perintah (program computer) yang bila dieksekusi memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diinginkan.
2.    Struktur data yang menungkinkan program memanipulasi informasi secara proposional
3.    Dokumen yang menggambarkan operas dan kegunaan program
Karakteristik Perangkat Lunak
Menurut Pressman, perangkat lunak lebih merupakan elemen logika dan bukan merupakan elemen sistem fisik. Dengan demikian, perangkat lunak memiliki ciri yang berbeda dari perangkat keras, yaitu:
1.         Perangkat lunak dibangun dan dikembangkan, tidak dibuat dalam bentuk klasik
2.         Perangkat lunak tidak pernah usang
3.         Sebagian besar perangkat lunak dibuat secara custom-built, serta tidak dapat dirakit dari komponen yang ada.

7.        Video Streaming
Streaming video adalah transmisi data video melalui jaringan komputer yang diputar langsung secara online. Video dapat diputar tanpa perlu mendownload file sepenuhnya & disimpan secara offline.
Koneksi internet yang cukup cepat diperlukan untuk menonton video langsung secara online. Dengan terus berkembangnya internet, sekarang streaming video dapat dilakukan dengan mudah. File video untuk streaming biasanya dikompresi menjadi berukuran kecil. Meski kompresi video akan menyebabkan penurunan kualitas video, ini perlu dilakukan agar tidak diperlukan bandwidth internet yang sangat besar.
Jika ada gangguan pada koneksi internet, video akan berhenti berjalan. Untuk memperkecil masalah ini, PC menyimpan 'buffer' data yang sudah diterima. Jika ada gangguan internet, pemutaran video tidak akan terganggu jika masih ada data di dalam buffer. Akan tetapi, jika tidak ada data lagi di dalam buffer, maka video akan berhenti dan kemudian ditampilkan pesan "buffering", kemudian video akan dilanjutkan lagi ketika sudah diterima sejumlah data yang cukup. 

 Streaming video sudah menjadi hal yang biasa dengan terkenalnya website-website seperti YouTube dan Vimeo. Keduanya menyediakan berbagai macam video yang dapat kita tonton secara gratis. Kualitas streaming dapat berbeda-beda untuk tiap orang, karena streaming bergantung pada kualitas koneksi internet kita. Contohnya YouTube dapat stream video dengan kualitas resolusi 144p, 240p, 360p, 480p, 720p, 1080p, 1440p, atau bahkan 2160p. Semakin tinggi resolusi, semakin besar pula bandwidth internet yang dibutuhkan. Akan tetapi, jika bandwidth tidak cukup besar, maka streaming video tidak dapat berjalan dengan lancar, pemutaran video akan sering berhenti karena kurangnya data yang diterima.

8.        VoIP
Voice over Internet Protocol adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time.
Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk hubungan Internasionaldapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voicedan data networkterpisah, sehingga IP Phone dapat di tambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX (Private branch exchange).

Prinsip kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.

Untuk Pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan secara digital yaitu sebelum dikirim data yang berupa sinyal analog diubah ke bentuk data digital dengan ADC (Analog to Digital Converter), kemudian ditransmisikan, dan di penerima dipulihkan kembali menjadi data analog dengan DAC (Digital to Analog Converter). Begitu juga dengan VoIP, digitalisasi voice dalam bentuk packets data, dikirimkan dan di pulihkan kembali dalam bentuk voice di penerima. Format digital lebih mudah dikendaika, dalam hal ini dapat dikompresi, dan dapat diubah ke format yang lebih baik dan data digital lebih tahan terhadap noise daripada analog.
Bentuk paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan internet. Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang terhubung ke internet, mempunyai sound card yang dihubungkan dengan speaker dan mikropon. Dengan dukungan software khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain. Bentuk hubungan tersebut bisa dalam bentuk pertukaran file, suara, gambar. Penekanan utama dalam VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara.
Pada perkembangannya, sistem koneksi VoIP mengalami evolusi. Bentuk peralatan pun berkembang, tidak hanya berbentuk komputer yang saling berhubungan, tetapi peralatan lain seperti pesawat telepon biasa terhubung dengan jaringan VoIP. Jaringan data digital dengan gateway untuk VoIP memungkinkan berhubungan dengan PABX atau jaringan analog telepon biasa. Komunikasi antara komputer dengan pesawat (extension) di kantor adalah memungkinkan. Bentuk komunikasi bukan Cuma suara saja. Bisa berbentuk tulisan (chating) atau jika jaringannya cukup besar bisa dipakai untuk Video Conference. Dalam bentuk yang lebih lanjut komunikasi ini lebih dikenal dengan IP Telephony yang merupakan komunikasi bentuk multimedia sebagai kelanjutan bentuk komunkasi suara (VoIP). Keluwesan dari VoIP dalam bentuk jaringan, peralatan dan media komunikasinya membuat VoIP menjadi cepat popular di masyarakat umum.

9.        Video VoIP
Salah satu aplikasi Video VoIP yang tersedia adalah Skype. Skype adalah ''software'' aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet antara sesama pengguna Skype. Pada saat menggunakan Skype maka pengguna Skype yang sedang online akan mencari pengguna Skype lainnya lalu mulai membangun jaringan untuk menemukan pengguna-pengguna lainnya. Skype memiliki berbagai macam fitur yang dapat memudahkan penggunanya. Skype juga dilengkapi dengan SkypeOut dan SkypeIn yang memungkinkan pengguna Skype untuk berhubungan dengan pengguna telepon konvensional dan telepon genggam.  

10. Encoder
Encoder adalah rangkaian yang memiliki fungsi berkebalikan dengan dekoder. Encoder berfungsi sebagai rangakain untuk mengkodekan data input mejadi data bilangan dengan format tertentu. Encoder dalam rangkaian digital adalah rangkaian kombinasi gerbang digital yang memiliki input banyak dalam bentuk line input dan memiliki output sedikit dalam format bilangan biner. Encoder akan mengkodekan setiap jalur input yang aktif menjadi kode bilangan biner.
Video encoding merupakan persiapan digital agar dapat memproses format video. Dalam proses ini terdapat pengompresan agar video sesuai dengan hardware yang akan memainkan video tersebut.

11.        MP3

Merupakan singkatan dari MPEG-1 atau MPEG-2 layer 3 audio encoding. MP3 bukan singkatan dari MPEG-3. File MP3 sangat bersahabat dengan player computer dan player yang secara khusus dirancang untuk file jenis ini. Kompresi file ini menggunakan teknik Pshycoacoustic dimana suara yang tidak bisa didengar manusia akan dibuang oleh MP3 encoder sehingga file berukuran kecil dan kualitas tetap terjaga. MPEG-4, diperkenalkan pada akhir 1998, adalah sebuah nama dari sebuah grup koding standar audio dan video dan teknologi yang berhubungan yang disetujui oleh Moving Picture Experts Group (MPEG) ISO/IEC. Kegunaan utama bagi standar MPEG-4 adalah internet (streaming media) dan CD, videophone, dan televisi broadcast.

 

12.        MP4

MPEG-4 menyerap banyak fungsi dari MPEG-1 dan MPEG-2 dan standar berhubungan lainnya, menambahkan fungsi baru seperti dukungan VRML (extended) untuk perenderan 3D, file komposit berorientasi objek (termasuk audio, video, dan VRML), dukungan spesifikasi-luar Manajemen Hak Cipta Digital dan banyak interaktivitas lainnya.
Format MPEG-4 sangat tepat untuk memampatkan format video yang besar,seperti .avi atau .vob karena konsep dasar dari kompresi MPE5ACCD32BG-4 adalah mengompres file ketika menyimpan video,lalu ketika video tersebut diputar,codec MPEG5ACCD32B-4 mengembangkan lagi ukuran file ini,jadi tingkat penurunan kualitas video maupun audio menjadi sangat minimal dengan ukuran kompresi file yang maksimal.

 Sumber Referensi 
[1]  https://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia 
[2] http://pengertian-isp.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-multimedia-menutur-para-ahli.html
[3] https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=8&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwim8OLUwovaAhWJqI8KHX0vD8YQFgh9MAc&url=https%3A%2F%2Frepository.widyatama.ac.id%2Fxmlui%2Fbitstream%2Fhandle%2F123456789%2F3443%2FBab%25202.pdf%3Fsequence%3D7&usg=AOvVaw1uvdr0QbuukGvaDUGxalDZ
[4] https://www.v-class.gunadarma.ac.id 
[5] https://kumpulansoaltoefl.blogspot.co.id/2014/06/apa-per
bedaan-dari-pbt-cbt-ibt-test.html
[6] https://en.oxforddictionaries.com/definition/video_board
[7] https://id.wikipedia.org/wiki/Kartu_suara
[8] http://klick.co.id/read/108/pengertian-scanner-dan-fungsinya-beserta-cara-kerjanya.html
[9] https://ayuanggrianih.wordpress.com/tugas-kuliah/tugas-i-jaringan-interner/2-apa-yang-dimaksud-dengan-voip-jelaskan-dan-gambarkan-cara-kerjanya/

[10]http://mhs.stiki.ac.id/rollan/voip/VOIP_Manual.pdf
[11]http://techno.khedisfile.com/2015/05/16/pengertian-pal-ntsc-frame-fps-video-encoding-dll/
[12] https://www.jalankatak.com/id/encoder/
[13]https://konversi.wordpress.com/2009/06/12/sekilas-rotary-encoder
 [14]www.palucomputer.com/2015/05/pengertian-dan-fungsi-cddvd-rom-drive.html
 [15]http://www.jendelasarjana.com/2014/06/pengertian-streaming-video.html 
[16] https://id.wikipedia.org/wiki/MPEG-4 
[17] http://www.eureka.co.id/read/16/pengertian-media-reklame-billboard-baliho-megatron-dan-videotron.html

 

Internet Protocol, WAP dan WWW

A.         Pengertian Internet Protocol Internet Protocol Address merupakan singkatan dari IP address. IP Address adalah suatu identi...