Multimedia
adalah penggunaan komputer
untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara,
gambar, animasi,
audio
dan video
dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi,
berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika,
multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.
Gambar 1 Multimedia Dalam Game
Online
Gambar
2 Multimedia Dalam Video Call
Gambar 3 Multimedia Dalam
Pembuatan Situs
Multimedia
dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan
dan bisnis.
Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media
pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di
dunia bisnis,
multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan,
profil produk, bahkan sebagai media kios informasi
dan pelatihan
dalam sistem e-learning.
Pada
awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan
(gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan
konsumsi indra pendengaran (suara) dan juga berupa (berwujud). Dalam
perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan
konsumsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak
diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada
kursi tempat duduk penonton. Kinetik, dan film 3 dimensi membangkitkan sense
realistis.
A. Pengertian
Multimedia Menurut Bahasa, Istilah, Dan Menurut Para Ahli
Secara bahasa, multimedia terdiri dari dua suku kata,
yaitu multi dan media. Multi berati banyak atau bermacam-macam,
sedangkan media berarti alat atau sesuatu yang digunakan untuk
menyampaikan informasi (pesan). Jadi, menurut bahasa multimedia dapat diartikan
alat – alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi.
Pengertian
multimedia menurut
istilah adalah penggunaan sarana (media) yang menyajikan kombinasi (gabungan)
berbagai elemen informasi, seperti animasi, video, teks, suara,
graphics, maupun gambar yang bersifat interaktif yang bertujuan
menyampaikan informasi, atau sekedar memberikan hiburan kepada si peneriman.
Sedangkan menurut pendapat beberapa
ahli, pengertian multimedia
cenderung beragam, namun tentunya memiliki substansi yang sama. Berikut adalah
beberapa pengertian multimedia menurut beberapa ahli:
Mc. Comick, 1996
Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan text.
Rosch, 1996
Kombinasi dari komputer dan video.
Hofstekter, 2001
Multimedia dalam konteks komputer adalah pemanfaatan
komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan
menggunakan tool yang memungkinkan pemakaian berinteraksi, berkreasi dan
berkomunikasi.
Robin dan Linda, 2001
Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan
interaktif yang mengkombinasikan teks-grafik, animasi, audio dan video.
Turban, dkk., 2002
Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output.
Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan
gambar.
Pada awal kemunculannya (1990),
umumnya multimedia digunakan
dalam bidang hiburan. Setelah itu barulah multimedia juga diadopsi kedalam
dunia game. Hingga saat ini, karena perkembangan teknologi informasi multimedia
juga diaplikasikan kedalam dunia pendidikan dan bisnis. Dalam dunia pendidikan,
multimedia dimanfaatkan untuk menjadi media pengajaran, atau e-learning.
Sedangkan dalam dunia bisnis, multimedia
dimanfaatkan untuk menyampaikan profil perusahaan, profil produk, sistem
informasi dan lain sebagainya.
Jenis – Jenis Multimedia
Multimedia dapat dibedakan menjadi 2
jenis, yaitu multimedia content production dan multimedia communication
sebagai berikut.
Multimedia Content Production merupakan hasil (produk) dari
proses penggabungan beberapa media (audio, teks, animasi, graphics,
interactivity, serta video) untuk menyampaikan sebuah informasia. Yang mana
hasil dari proses itu disebut produk multimedia (musik, video, film, game,
intertaintment, dll.). Di multimedia jenis ini, media yang digunakan berupa:
- Media Audio
- Media Teks
- Media Animasi
- Media Video
- Media Graph / Image
- Media Spesial Effect
- Media Interactivity
Sedangkan Multimedia Communication merupakan proses
penggunaan media (massa), seperti media cetak, radio, televisi, serta internet
yang bertujuan untuk menyampaikan, menyiarkan, mempublikasikan dan mengkomunikasikan
sebuah pesan atau informasi, seperti news (berita), material
advertising (iklan), entertaintment (hiburan), publicity (publikasi),
education (pembelajaran atau tutorial). Multimedia jenis ini media yang
digunakan berupa:
- Media Cetak
- Radio
- TV Film
- Game
- Musik
- Entertainment
- ICT (Internet)
B. Konsep
Dasar Multimedia
Menurut Holfstetter, multimedia
adalah penggunaan komputer untuk menampilkan dan menggabungkan teks, grafik,
audio dan video dengan menggunakan link dan alat – alat lainnya yang
memungkinkan pemakai untuk mengatur dan berinteraksi, membuat dan melakukan
komunikasi.
Definisi ini berisikan empat
komponen yang penting untuk multimedia. Pertama, adanya komputer untuk
melakukan koordinasi apa yang dilihat dan didengar, dan yang berinteraksi
dengan penguna. Kedua harus ada hubungan yang menghubungkan informasi. Ketiga,
harus ada perangkat navigasi yang memungkinkan pengguna melintasi informasi
yang terkoneksi melalui web. Terakhir, harus ada cara bagi pengguna untuk
mengunpulkan, memproses dan mengkomunikasikan informasi dengan ide – ide pengguna.
Jika satu dari komponen ini tidak ada atau hilang, maka tidak dapat disebut
sebagai multimedia.
C. Multimedia
Dalam Pendidikan
Peranan multimedia dalam bidang
Pendidikan menjadi dominan, dikarenakan banyak hal yang dapat dibagi dengan
kecanggihan multimedia dan terlebih hampir seluruh belahan dunia mengakses dan
mengunakan multimedia dalam kesehariannya. Multimedia menjadi tonggak kuat
dalam membagi semua hal, tidak terkecuali materi dan pembelajaran, lembaga
pendidikan memanfaatkan multimedia untuk media belajar – mengajar. Sebagai
contoh pada Universitas Gunadarma memanfaatkan perkembangan multimedia berbasis
internet untuk mendukung kegiatan perkuliahan bernama Virtual Class Universitas
Gunadarma atau disingkat V-Class UG. Melalui V-Class UG mahasiswa dan dosen
dapat melakukan perkuliahan dimanapun dan dapat diakses kapanpun selama ada
koneksi internet. Berikut tampilan dari V-Class UG saat diakses.
Gambar 4 Multimedia Dalam
Bidang Pendidikan
D. Multimedia
Untuk Aplikasi Umum
Menurut Hofstetter, beberapa peranan multimedia di dunia
untuk aplikasi umum
- · Telecommuting
Telecommuting adalah bekerja dari rumah menggunakan komputer, modem dan
mesin fax. Menurut Deloitte & Touche,
“Telecommuting digunakan untuk 45% pekerjaan baru
antara 1987 sampai 1992 dan pada pertengahan 1998, 15.57 juta pekerja di
Amerika melakukan telecommuting setidaknya
satu hari per bulan”
- · Home Shopping
Multimedia
telah merubah cara berbelanja, seseorang tidak perlu berbelanja dari toko ke
toko, mencari barang yang diperlukan kemudian mengantri untuk membayar, namun
cukup dengan melakukan teleshopping yaitu belanja dari rumah. Menurut survey
CommerceNet / Nielsen tahun 1999 jumlah pembeli online mencapai 55 juta orang.
Dari semua itu, 28 juta melakukan pembelian online, 9 juta membeli sesuatu
secara online setidaknya sekali dalam sebulan, dan satu juta melakukan
pembelian online setiap minggu.
- · Media Massa
E. Internet Based
Internet
Based adalah penggunaan multimedia berbasis internet yang mengacu pada
penggunaan jaringan dengan unit server sebagai pusat dan client sebagai
pengguna secara berkala. Sebagai contoh pada IBT-TOEFL atau yang juga dikenal
dengan Next Generation (NG) TOEFL adalah bentuk TOEFL Test terbaru yang
dikeluarkan ETS dan mulai diluncurkan sejak tahun 2005, tetapi di Indonesia,
baru mulai diberlakukan sejak tahun 2006. iBT-TOEFL adalah format TOEFL Testing
kini berlaku sebagai standar International TOEFL Test yang diakui di dunia. ETS
banyak melakukan perubahan pada format dan sistem TOEFL Test terbaru ini.
Gambar
5 Internet Based untuk Tes TOEFL
Sama dengan
CBT-TOEFL, iBT-TOEFL juga menggunakan media komputer untuk memunculkan soal
test, hanya saja sistem test pada iBT menggunakan koneksi internet. Dengan
demikian peserta test langsung terhubung on-line dengan ETS. Jawaban peserta
langsung terkirim dan tersimpan ke database ETS di New Jersey.
Perangkat Media Pembuatan Aplikasi
Multimedia
1.
Perangkat
Keras
Mengacu
pada semua peralatan fisik yang berhubungan dengan system perangkat ajar,
termasuk diantaranya terminal, disk drive, printer dan peralatan multimedia
lainnya
2.
Video
Board (Papan Video)
Menurut
kamus oxford
“A large video display used as a scoreboard
or billboard”
Dengan
definisi tersebut video board merupakan layar video besar yang digunakan untuk
menampilkan informasi skor dari pertandingan atau media pengiklanan dan
informasi dengan tampilan video atau gambar bergerak. Pada kota – kota besar di
negara maju keberadaan Video Board menjadi media terpadu di tempat umum untuk
memberitahukan informasi terkini, pengiklanan suatu produk dan tren terkini.
3.
Sound
Card (Kartu Suara)
Kartu
suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras
komputer yang
digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound
Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di
setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3 :
- Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
- Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
- Sound Card External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.
Sound
Blaster Live !
Salah satu
contoh Sound Card yang terbilang sangat sukses di pasaran indonesia adalah Sound Blaster, dari Creative
Labs.
Untuk
memainkan musik MIDI, pada awalnya menggunakan teknologi FM Synthesis, namun sekarang sudah menggunakan Wavetable Synthesis Sedangkan
untuk urusan digital
audio, yang
dulunya hanyalah 2 kanal (stereo), sekarang sudah menggunakan 4 atau lebih kanal suara (Surround). Kualitas nya pun sudah meningkat
dari 8 bit, 16 bit, 24 bit, 32 bit, bahkan sampai sekarang sudah 64 bit.
Cara
Kerja
Ketika anda mendengarkan
suara dari sound card, data digital suara yang berupa
waveform .wav atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital ini di proses
oleh DSP (Digital Signal processing : Pengolah signal digital) bekerja
dengan DAC (Digital Analog Converter : Konversi digital ke Analog).
Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog
diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker. Ketika anda merekam
suara lewat microphone. suara anda yang berupa analog diolah oleh DSP, dalam
mode ADC (Analog Digital Converter : Konversi analog ke digital). Mengubah
sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan. Sinyal digital ini
simpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau
dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3.
4.
Pengertian
Dan Fungsi CD ROM DRIVE
CD ROM DRIVE adalah sebuah perangkat keras di dalam komputer yang
berfungsi untuk memutar dan membaca piringan CD. CD ROM singkatan dari COMPACT
DISK READ ONLY MEMORY. Nah, kata READ ONLY MEMORY ini berarti bahwa alat ini
hanya bisa digunakan untuk membaca saja, dan tidak bisa menulis. Jika Anda
ingin memutar CD dirumah Anda, maka alat ini bisa digunakan.
KEKURANGAN CD ROM
KEKURANGAN CD ROM
CD ROM DRIVE hanya bisa digunakan untuk membaca CD saja. Sedangkan
jika untuk membaca DVD, perangkat keras ini belum bisa digunakan. Jika diperuntukkan
mengisi CD kosong dengan data atau file lainnya maka alat ini tidak bisa
digunakan untuk hal itu. Jadi solusinya jika ingin menulis atau mem-burning data
ke CD, maka Anda harus menggunakan CD RW (Read Anda Write) Drive yang bisa
membaca dan menulis CD.
5.
Scanner
Scanner
adalah sebuah alat pemindai salah satu perangkat input pada komputer, merupakan
suatu alat yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya seperti mesin
fotokopy ke dalam bentuk digital.Scanner dapat menduplikat objek tersebut
menggunakan sensor cahaya yang terdapat di dalamnya. Sensor yang terdapat pada
scanner tersebut mendeteksi struktur, tulisan, dan gambar dari objek yang
discan lalu dikirimkan ke komputer dalam bentuk digital.
Fungsi
Scanner sudah jelas karena dengan adanya alat ini, kita dapat menduplikat
hard-copy seperti kertas, makalah, maupun foto ke dalam bentuk digital ke
komputer. Jadi saat kita kehilangan source berkas seperti foto atau makalah,
kita dapat menyimpan foto tersebut ke komputer kita. Jadi ketika foto itu
hilang, atau rusak, kita masih punya simpanan/salinannya di komputer dalam
bentuk digital.
Cara kerja
scanner dapat kamu baca dan pahami dibagian bawah ini:
·
Saat
kita menempatkan objek kertas bergambar ataupun teks pada layar kaca scanner
dan menekan sebuah tombol scan pada mesin scanner atau menu scan pada layar
monitor kamu, maka scenner akan melakukan proses scanning.
·
Lalu
cahaya yang terpancar pada saat scanning menunjukkan bahwa scanner tersebut
sedang melakukan scan dan juga hasil yang didapatkan akan langsung dikirim pada
sensor CCD (CCD yaitu suatu alat yang terdapat pada scanner yang mempunyai
fungi untuk menerima hasil scanner lalu kemudian di kirim ke ADC).
·
Dari
CCD tersebut lalu akan dikirim ke ADC (ADC yaitu suatu alat yang bertugas
menerima data yang berasaldari CCD dan menubahnya ke dalam bentuk digital
kemudian mengirimnya ke komputer). ADC akan memprosesnya lalu mengirimkan
hasilnya pada komputer kamu.
·
Setelah
masuk ke komputer kamu, hasilnya bisa di edit sesuai dengan kebutuhan. Dan kamu
juga bisa menyimpannya dalam komputer ataupun dapat langsung mencetak hasil
dari scanning tersebut menggunakan printer.
Dan berikut ini jenis-jenis dari scanner
Sampai saat ini scanner memiliki beberapa jenis dan
berikut ini jenis dari scanner yang sering kita temukan, diantaranya seperti di
bawah ini: - Flatbed scanner yaitu merupakan scanner yang memiliki bentuk seukuran dengan kertas folio, sehingga scanner ini seperti mesin fotocopy tetapi dengan ukuran yang kecil
- PSC atau Print Scan Copy yaitu merupakan suatu perangkat yang memiliki multifungsi diantaranya dapat digunakan sebagai scanner, dapat juga digunakan sebagai printer serta bisa digunakan untuk mesin fotocopy.
- Handy scanner yaitu merupakan scanner yang bentuknya postcard, yang biasa kita temui pada supermarket ataupun minimarket. Sebab dapat digunakan pada mesin kasir untuk membaca harga barang-barang yang terdapat pada barcode barang tersebut.
6.
Perangkat Lunak
Menurut
Pressman, gambaran perangkat lunak di dalam suatu buku teks mungkin mengambil
bentuk berikut:
1. Perintah (program computer) yang
bila dieksekusi memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diinginkan.
2.
Struktur
data yang menungkinkan program memanipulasi informasi secara proposional
3.
Dokumen
yang menggambarkan operas dan kegunaan program
Karakteristik Perangkat Lunak
Menurut
Pressman, perangkat lunak lebih merupakan elemen logika dan bukan merupakan
elemen sistem fisik. Dengan demikian, perangkat lunak memiliki ciri yang
berbeda dari perangkat keras, yaitu:
1.
Perangkat
lunak dibangun dan dikembangkan, tidak dibuat dalam bentuk klasik
2.
Perangkat
lunak tidak pernah usang
3.
Sebagian
besar perangkat lunak dibuat secara custom-built, serta tidak dapat dirakit
dari komponen yang ada.
7.
Video Streaming
Streaming video adalah transmisi data
video melalui jaringan komputer yang diputar langsung secara online. Video
dapat diputar tanpa perlu mendownload file sepenuhnya & disimpan secara
offline.
Koneksi internet yang cukup cepat
diperlukan untuk menonton video langsung secara online. Dengan terus berkembangnya
internet, sekarang streaming video dapat dilakukan dengan mudah. File video
untuk streaming biasanya dikompresi menjadi berukuran kecil. Meski kompresi
video akan menyebabkan penurunan kualitas video, ini perlu dilakukan agar tidak
diperlukan bandwidth internet yang sangat besar.
Jika ada gangguan pada koneksi
internet, video akan berhenti berjalan. Untuk memperkecil masalah ini, PC
menyimpan 'buffer' data yang sudah diterima. Jika ada gangguan internet,
pemutaran video tidak akan terganggu jika masih ada data di dalam buffer. Akan
tetapi, jika tidak ada data lagi di dalam buffer, maka video akan berhenti dan
kemudian ditampilkan pesan "buffering", kemudian video akan
dilanjutkan lagi ketika sudah diterima sejumlah data yang cukup.
Streaming video sudah menjadi hal yang biasa dengan
terkenalnya website-website seperti YouTube dan Vimeo.
Keduanya menyediakan berbagai macam video yang dapat kita tonton secara gratis.
Kualitas streaming dapat berbeda-beda untuk tiap orang, karena streaming
bergantung pada kualitas koneksi internet kita. Contohnya YouTube dapat stream
video dengan kualitas resolusi 144p,
240p, 360p, 480p, 720p, 1080p, 1440p, atau bahkan 2160p. Semakin tinggi
resolusi, semakin besar pula bandwidth internet yang dibutuhkan. Akan tetapi, jika bandwidth tidak cukup besar,
maka streaming video tidak dapat berjalan dengan lancar, pemutaran video akan
sering berhenti karena kurangnya data yang diterima.
8.
VoIP
Voice over
Internet Protocol
adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi
suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar
ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan
melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time.
Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan
telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon
menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari
segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP
bersifat global. Sehingga untuk hubungan Internasionaldapat ditekan hingga 70%.
Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voicedan data
networkterpisah, sehingga IP Phone dapat di tambah, dipindah dan di ubah. Hal
ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address,
tidak seperti telepon konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di
Sentral atau PBX (Private
branch exchange).
Prinsip
kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada
Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/
Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan
diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui
melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet
dan bisa diterima oleh telepon tujuan.
Untuk
Pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan secara digital
yaitu sebelum dikirim data yang berupa sinyal analog diubah ke bentuk data
digital dengan ADC (Analog to Digital Converter), kemudian
ditransmisikan, dan di penerima dipulihkan kembali menjadi data analog dengan
DAC (Digital to Analog Converter). Begitu juga dengan VoIP, digitalisasi
voice dalam bentuk packets data, dikirimkan dan di pulihkan kembali dalam
bentuk voice di penerima. Format digital lebih mudah dikendaika, dalam hal ini
dapat dikompresi, dan dapat diubah ke format yang lebih baik dan data digital
lebih tahan terhadap noise daripada analog.
Bentuk
paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan
internet. Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer
yang terhubung ke internet, mempunyai sound card yang dihubungkan dengan
speaker dan mikropon. Dengan dukungan software khusus, kedua pemakai
komputer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain. Bentuk
hubungan tersebut bisa dalam bentuk pertukaran file, suara, gambar. Penekanan
utama dalam VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara.
Pada
perkembangannya, sistem koneksi VoIP mengalami evolusi. Bentuk peralatan pun
berkembang, tidak hanya berbentuk komputer yang saling berhubungan, tetapi
peralatan lain seperti pesawat telepon biasa terhubung dengan jaringan VoIP.
Jaringan data digital dengan gateway untuk VoIP memungkinkan berhubungan dengan
PABX atau jaringan analog telepon biasa. Komunikasi antara komputer dengan
pesawat (extension) di kantor adalah memungkinkan. Bentuk komunikasi bukan Cuma
suara saja. Bisa berbentuk tulisan (chating) atau jika jaringannya cukup besar
bisa dipakai untuk Video Conference. Dalam bentuk yang lebih lanjut komunikasi
ini lebih dikenal dengan IP Telephony yang merupakan komunikasi bentuk
multimedia sebagai kelanjutan bentuk komunkasi suara (VoIP). Keluwesan dari
VoIP dalam bentuk jaringan, peralatan dan media komunikasinya membuat VoIP
menjadi cepat popular di masyarakat umum.
9.
Video VoIP
Salah
satu aplikasi Video VoIP yang tersedia adalah Skype.
Skype adalah ''software''
aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet antara sesama pengguna
Skype. Pada saat menggunakan Skype maka pengguna Skype yang sedang online akan
mencari pengguna Skype lainnya lalu mulai membangun jaringan untuk menemukan
pengguna-pengguna lainnya. Skype memiliki berbagai macam fitur yang dapat
memudahkan penggunanya. Skype juga dilengkapi dengan SkypeOut dan SkypeIn yang
memungkinkan pengguna Skype untuk berhubungan dengan pengguna telepon
konvensional dan telepon genggam.
10. Encoder
Encoder
adalah rangkaian yang memiliki fungsi berkebalikan dengan dekoder. Encoder
berfungsi sebagai rangakain untuk mengkodekan data input mejadi data bilangan
dengan format tertentu. Encoder dalam rangkaian digital adalah rangkaian
kombinasi gerbang digital yang memiliki input banyak dalam bentuk line input
dan memiliki output sedikit dalam format bilangan biner. Encoder akan
mengkodekan setiap jalur input yang aktif menjadi kode bilangan biner.
Video
encoding merupakan persiapan digital agar dapat memproses format video. Dalam
proses ini terdapat pengompresan agar video sesuai dengan hardware yang akan
memainkan video tersebut.
11. MP3
Merupakan singkatan dari MPEG-1 atau MPEG-2 layer 3 audio encoding. MP3 bukan singkatan dari MPEG-3. File MP3 sangat bersahabat dengan player computer dan player yang secara khusus dirancang untuk file jenis ini. Kompresi file ini menggunakan teknik Pshycoacoustic dimana suara yang tidak bisa didengar manusia akan dibuang oleh MP3 encoder sehingga file berukuran kecil dan kualitas tetap terjaga. MPEG-4, diperkenalkan pada akhir 1998, adalah sebuah nama dari sebuah grup koding standar audio dan video dan teknologi yang berhubungan yang disetujui oleh Moving Picture Experts Group (MPEG) ISO/IEC. Kegunaan utama bagi standar MPEG-4 adalah internet (streaming media) dan CD, videophone, dan televisi broadcast.
12. MP4
MPEG-4 menyerap banyak fungsi dari MPEG-1 dan MPEG-2 dan standar
berhubungan lainnya, menambahkan fungsi baru seperti dukungan VRML (extended) untuk
perenderan 3D, file komposit berorientasi objek (termasuk audio, video, dan
VRML), dukungan spesifikasi-luar Manajemen Hak
Cipta Digital dan banyak interaktivitas lainnya.
Format MPEG-4 sangat tepat untuk
memampatkan format video yang besar,seperti .avi atau .vob karena konsep dasar
dari kompresi MPE5ACCD32BG-4 adalah mengompres file ketika menyimpan video,lalu
ketika video tersebut diputar,codec MPEG5ACCD32B-4 mengembangkan lagi ukuran
file ini,jadi tingkat penurunan kualitas video maupun audio menjadi sangat
minimal dengan ukuran kompresi file yang maksimal.
Sumber Referensi
[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia
[2] http://pengertian-isp.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-multimedia-menutur-para-ahli.html
[3] https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=8&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwim8OLUwovaAhWJqI8KHX0vD8YQFgh9MAc&url=https%3A%2F%2Frepository.widyatama.ac.id%2Fxmlui%2Fbitstream%2Fhandle%2F123456789%2F3443%2FBab%25202.pdf%3Fsequence%3D7&usg=AOvVaw1uvdr0QbuukGvaDUGxalDZ
[4] https://www.v-class.gunadarma.ac.id
[5] https://kumpulansoaltoefl.blogspot.co.id/2014/06/apa-per
bedaan-dari-pbt-cbt-ibt-test.html
[6] https://en.oxforddictionaries.com/definition/video_board
[7] https://id.wikipedia.org/wiki/Kartu_suara
[8] http://klick.co.id/read/108/pengertian-scanner-dan-fungsinya-beserta-cara-kerjanya.html
[9] https://ayuanggrianih.wordpress.com/tugas-kuliah/tugas-i-jaringan-interner/2-apa-yang-dimaksud-dengan-voip-jelaskan-dan-gambarkan-cara-kerjanya/
[10]http://mhs.stiki.ac.id/rollan/voip/VOIP_Manual.pdf
[11]http://techno.khedisfile.com/2015/05/16/pengertian-pal-ntsc-frame-fps-video-encoding-dll/
[12] https://www.jalankatak.com/id/encoder/
[13]https://konversi.wordpress.com/2009/06/12/sekilas-rotary-encoder
[14]www.palucomputer.com/2015/05/pengertian-dan-fungsi-cddvd-rom-drive.html
[15]http://www.jendelasarjana.com/2014/06/pengertian-streaming-video.html
[16] https://id.wikipedia.org/wiki/MPEG-4
[17] http://www.eureka.co.id/read/16/pengertian-media-reklame-billboard-baliho-megatron-dan-videotron.html